9 Cara Memutihkan Wajah dengan Cuka Dapur dan Efeknya

sabun pemutih wajah

Cara Memutihkan Wajah dengan Cuka Dapur,bahaya cuka untuk wajah,bahaya cuka dapur,bahaya cuka untuk kulit wajah,manfaat cuka apel untuk wajah,cuka putih,manfaat cuka putih untuk wajah,Cara Memutihkan Wajah,cara memutihkan wajah dalam 1 minggu,cara memutihkan wajah dengan cepat dalam waktu 2 hari,cara memutihkan wajah pria,cara memutihkan wajah dengan pasta gigi,cara memutihkan wajah dengan susu beruang,cara memutihkan wajah dengan tomat,cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis,cara memutihkan wajah secara alami dengan beras

9 Cara Memutihkan Wajah dengan Cuka Dapur dan Efeknya – Ladies, Anda pernah mendengar kata White Vinegar, ga? White Vinegar  yang dikenal sebagai cuka masak atau cuka dapur. Cuka dapur, seperti cuka bakso atau cuka acar sering ditemui di masakan-masakan Indonesia.

Cuka dapur yang warnanya bening ini berasal dari penyulingan alkohol sehingga menambahkan rasa dan aromanya agak tajam di lidah.

Tidak hanya digunakan sebagai bahan makanan berkuah atau bahan dapur, cuka dapur bisa dianggap sebagai makanan untuk memutihkan wajah. Cuka dapur berbeda dengan cuka apel.

Cuka dapur mengandung senyawa asam asetat, sedangkan cuka apel merupakan hasil dari fermentasi air yang diperas dari sari apel.

Hal ini karena cuka dapur mengandung zat anti inflamasi yang bersifat astringent untuk mengatasi penyebab wajah belang, penyebab wajah kusam dan gelap serta penyebab wajah hitam dan berminyak.

Sebagai pemutih wajah herbal, cuka dapur terbukti memiliki banyak manfaat untuk kecantikan wajah. Untuk mendapatkan hasil yang efektif, berikut 7 cara memutihkan wajah dengan cuka dapur, diantaranya:

Berikut 7 cara memutihkan wajah dengan cuka dapur

  1. Anti bakteri

Cuka dapur bersifat anti bakteri yang digunakan untuk melawan bakteri penyebab komedo pada kulit wajah. Cara alami memutihkan wajah dan menghilangkan bekas jerawat adalah gunakan cuka putih dan stroberi untuk membersihkan komedo dari wajah Anda.

Baca Juga:  28 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Caranya, hancurkan dua buah stroberi menjadi pasta. Campurkan pasta tersebut dengan satu sendok teh cuka putih. Letakkan campuran tersebut di area wajah yang berkomedo kemudian pijat selama beberapa menit. Bilas wajah Anda dengan air hangat.

  1. Antiseptik pengusir jerawat

Cuka dapur bersifat antiseptik dan mengandung asam asetat yang mampu memudarkan bintik-bintik jerawat yang membandel. Supaya penggunaannya lebih tepat, sebaiknya Anda mengaplikasikan pada area jerawat dengan menggunakan kapas tanpa dicampur dengan air.

Selain itu, Anda bisa menghilangkannya dengan cuka putih yang dicampur dengan gel lidah buaya. Caranya, masukkan 1 sendok teh cuka dapur dan 2 sendok teh gel lidah buaya ke dalam mangkok. Campurkan semua bahan, lalu oleskan di seluruh wajah dan leher. Biarkan semua bahan tersebut bekerja di kulit Anda selama 10-15 menit. Bilaslah wajah Anda dengan air hangat.

  1. Detoksifikasi

Cuka dapur juga memiliki kemampuan detoksifikasi, yang merupakan penangkal radikal bebas. Jika Anda membubuhkan cuka di wajah Anda, maka cuka akan melakukan proses detoks sehingga akan mengangkat kotoran yang membandel pada lapisan kulit wajah.

Caranya, gunakan cuka dapur dan tepung beras untuk menghaluskan kulit. Campurkan 1 sendok teh cuka dapur, 1 sendok teh tepung beras, dan 2 sendok air mawar. Atau, campurkan 1 sendok teh cuka putih dan 1 sendok teh jus bawang merah dengan 2-3 sendok teh air mawar. Pijat wajah Anda dengan campuran tersebut dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

  1. Menyeimbangkan kadar pH

Asam dalam cuka dapur mampu meneteralisir kadar pH pada kulit wajah dan menghilangkan kotoran. Cara memutihkan wajah berminyak adalah gunakan alpha hydroxy acid toner wajah untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah. Jika dicampur dengan body lotion, maka kulit wajah Anda tampak berkilau.

Baca Juga:  8 Rahasia Memutihkan Wajah

Untuk mengecilkan pori-pori kulit adalah gunakan khasiat dari tanah liat karena tanah liat mampu membersihkan pori-pori jika dicampur dengan cuka dapur. Anda bisa campurkan 1 sendok teh cuka putih, setengah sendok teh tanah liat dan 1 sendok makan air mawar.

Kemudian, irislah lempengan tanah liat yang sudah dicampur dengan bahan tersebut. Lalu, letakkan di bagian wajah yang ingin Anda bersihkan. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan pembersih ringan dan air hangat.

  1. Memperlambat proses penuaan dini

Menurut sebuah penelitian, cuka dapur bersifat antioksidan untuk mencegah terjadinya proses penuaan dini, seperti menghilangkan sel-sel mati agar kulit wajah lebih segar.

Caranya adalah tambahkan satu sendok makan cuka dapur ke setengah gelas air. Kemudian oleskan ke seluruh kulit dengan alas kapas. Biarkan selama 30 menit lalu bilas.

  1. Melembabkan kulit kering

Kulit kering menimbulkan kesan yang tidak sehat di wajah. Agar kulit wajah tetap lembab, gunakan cuka dapur yang dicampur dengan olive oil. Caranya, kombinasikan 1 sendok teh cuka dapur dengan 2 sendok teh olive oil.

sabun pemutih wajah

Lalu, usapkan campuran tersebut di seluruh kulit di wajah Anda. Diamkan selama 10 menit dan bilaslah wajah dengan air hangat.

Untuk menjadikan cuka dapur sebagai pencerah wajah, gunakan cuka dapur yang dicampurkan dengan beras putih tumbuk.

Caranya adalah campurkan 2 sendok makan beras yang sudah ditumbuk kasar dan 1 sendok makan cuka putih. Gosokkan pada wajah dengan lembut sekitar 2 menit, setelah itu bilas wajah hingga bersih. Baca Juga:  Krim Pemutih Wajah

  1. Melindungi kulit dari sinar UV

Cuka dapur mampu membantu meregulasi pada kulit wajah dan melindungi kulit dari sinar UV. Untuk menghilangkan rasa perih pada kulit akibat sengatan matahari, Anda bisa oleskan cuka itu pada kulit yang memerah tersebut.

Baca Juga:  7 Cara Cantik Tanpa Bedak Yang Mudah dan Aman Dilakukan

2 Efek Samping Cuka Dapur

Cuka memang memiliki banyak manfaat kecantikan wajah kulit. Namun, cuka dapur juga memiliki efek samping yang sangat mengganggu kulit wajah Anda.

Sama dengan efek negatif cuka apel untuk wajah, terdapat 2 efek samping cuka dapur untuk wajah Anda, diantaranya:

  1. Efek jangka pendek

Gas uap asam cuka dapur dapat menghasilkan iritasi pada hidung, mata dan kulit wajah. Jika terkena gas tersebut, maka akan dapat mengakibatkan kerusakan pada jaringan selaput lendir mata.

Radang pada mata ditandai dengan mata kemerahan, penyiraman, dan gatal. Selain itu, juga menimbulkan peradangan kulit yang ditandai dengan gatal dan kemerahan pada kulit. Sehingga akan dapat menghasilkan luka bakar.

  1. Efek jangka panjang

Efek pemutih wajah dokter yang terdapat pada cuka dapur adalah efek mutagenik untuk bakteri di kulit wajah. Substansi dalam zat mutagenik mungkin beracun dan berbahaya bagi kulit wajah.

Jika terkena zat ini secara berkelanjutan dapat merusak organ saraf, maka akan dapat menghasilkan iritasi kulit yang semakin parah.

Untuk menghindari efek samping tersebut, jangan gunakan cuka dapur secara berlebihan karena akan dapat merusak kulit wajah Anda. Lebih baik gunakan semestinya selama 1 kali setiap malam seminggu.

Demikian sekilas tentang cara memutihkan wajah dengan cuka dapur beserta efek samping cuka dapur untuk wajah. Selamat mencoba mengaplikasikannya dan selamat mendapatkan kulit wajah yang lebih baik.

Related Search

author
Cara Memutihkan Wajah Cepat dan Mencerahkan Wajah Alami dengan Obat Krim Cream Pemutih Wajah Yang Ampuh Paling Bagus