16 Penyebab Flek Hitam di Wajah dan Cara Mengatasinya

sabun pemutih wajah
penyebab flek hitam di wajah dan solusinya,penyebab flek hitam di wajah pria,penyebab flek hitam di wajah saat hamil,penyebab flek hitam di wajah setelah melahirkan,penyebab bintik hitam di wajah seperti tahi lalat,penyebab bintik hitam di wajah dan cara menghilangkannya,penyebab noda hitam di wajah dan cara mengatasinya,penyebab ada flek hitam di wajah,makanan penyebab flek hitam di wajah,penyebab flek hitam di wajah,penyebab flek hitam di wajah dan cara menghilangkannya,apa penyebab flek hitam di wajah,penyebab bintik hitam pada wajah anak,apa penyebab bintik hitam di wajah,penyebab adanya noda hitam di wajah,bintik hitam di wajah apa penyebabnya,apa penyebab timbul flek hitam di wajah,apa penyebab adanya flek hitam di wajah,apa penyebab dari flek hitam di wajah,apa penyebab flek hitam d wajah,penyebab flek hitam di wajah dan cara mengatasinya,penyebab flek hitam di wajah dan pencegahannya,penyebab bintik bintik hitam di wajah,penyebab flek hitam di wajah dan cara mengatasi,penyebab bintik hitam di wajah dan cara mengatasinya,penyebab dan cara menghilangkan flek hitam di wajah,penyebab noda hitam pada wajah dan cara mengatasinya,penyebab flek hitam d muka,penyebab jerawat dan flek hitam di wajah,penyebab dan pengobatan flek hitam di wajah,faktor penyebab flek hitam di wajah,faktor penyebab timbulnya flek hitam di wajah,penyebab flek hitam pada wajah saat hamil,penyebab flek hitam di kulit wajah,penyebab bintik hitam pada kulit wajah,penyebab munculnya flek hitam di wajah,penyebab munculnya bintik hitam di wajah,penyebab muncul bintik hitam di wajah,penyebab timbul nya flek hitam di wajah,penyebab flek hitam pada wajah,penyebab flek hitam pada wajah dan cara menghilangkannya,penyebab flek hitam pada wajah pria,penyebab bintik hitam pd wajah,penyebab timbulnya flek hitam di wajah,penyebab timbulnya bintik hitam di wajah,penyebab timbul noda hitam di wajah,penyebab utama flek hitam di wajah,penyebab flek hitam di wajah wanita

Sumber Gambar Google

16 Penyebab Flek Hitam di Wajah dan Cara Mengatasinya – Bukan rahasia lagi jika berbagai permasalahan kulit sering menyebabkan kita menjadi kurang percaya diri. Wajah adalah salah satu penampilan terpenting bagi tiap orang karena secara tidak langsung memperlihatkan bagaimana kita menjaga kesehatan kulit wajah. Tentu saja tiap orang menginginkan wajah yang sehat bukan?

Jerawat, penuaan dini, bekas luka atau bekas jerawat, komedo, serta flek hitam adalah contoh berbagai permasalahan yang sering datang menyerang wajah. Tidak jarang juga sebagian dari kita menjadi kurang percaya diri karena berbagai permasalahan tersebut yang sering kali menyebabkan kulit wajah kita menjadi kusam. Apa ya solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini?

Sebelum membahas mengenai solusi apa yang tepat dan bisa kita lakukan, ada baiknya kita menilik satu persatu permasalahan wajah ini agar kita bisa mencegahnya datang mengganggu penampilan wajah. Nah kali ini, kita akan membahas tentang penyebab flek hitam di wajah. Hmm…apa saja ya kira-kira?

Flek hitam sendiri adalah suatu hiperpigmentasi yang biasa terjadi pada kulit wanita ketika mereka memasuki usia paruh baya. Flek hitam cenderung muncul ketika terjadi produksi melanin secara berlebihan pada daerah tubuh tertentu, seperti pada dahi, wajah, atau pipi. Namun, kita juga perlu waspada apabila flek hitam tetap timbul pada daerah wajah karena hal ini bisa jadi sebuah tanda adanya permasalahan kulit yang lebih serius dan ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter kulit atau dermatologis. Berkonsultasi dengan dokter kulit akan membuat kita mengetahui lebih jauh tentang permasalahan kulit yang kita alami dan apa yang sebaiknya kita lakukan sehingga tidak memperparah keadaan kulit.

 

Berikut adalah beberapa contoh penyebab flek hitam yang harus kita tahu supaya kita bisa lebih menjaga kesehatan kulit wajah:

1. Bekas Facial yang Kurang Bersih

Tidak dapat dipungkiri wanita sering melakukan facial agar kulit wajah tereksfoliasi dan kulit wajah dapat bersih secara maksimal. Tidak jarang juga kita memakai krim pada rambut atau bekas facial masih tertinggal pada wajah kita dan hal tersebut dapat menyebabkan peradangan pada kulit wajah karena berbagai bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Zat kimia yang tertimbun pada lapisan kulit wajah ini membuat kulit menjadi lebih sensitif dan menjadi lebih cepat terbakar oleh sinar matahari  secara langsung.

Dalam mengatasi hal ini, kita bisa mengoleskan minyak bayi atau krim yang mengandung hydrocartosine pada daerah yang mengalami peradangan secara rutin setidaknya 3 hari secara berturut-turut. Ketika kulit dalam keadaan super sensitif seperti ini, sebaiknya kita juga tidak menggunakan toner atau scrub wajah karena kandungannya terlalu keras untuk kulit wajah dan justru dapat memperparah keadaan.

 

2. Kosmetik yang Mengandung Lemon

Tanpa kita sadari, kosmetik yang mengandung lemon dapat menyebabkan kulit kita menjadi belang yang berujung pada munculnya hiperpigmentasi. Wah kenapa ya bisa begitu? Ternyata, lemon atau jeruk mengandung berbagai zat yang dapat menyebabkan reaksi phototoxic, yaitu suatu reaksi yang terjadi ketika kulit terpapar sinar UV dan menyebabkan kulit kita lebih cepat terbakar atau menjadi belang.

Baca Juga:  28 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

 

3. Berbagai Penyakit Kulit

Seperti yang kita tahu, flek hitam di wajah bukanlah suatu hal yang terjadi begitu saja tanpa penyebab yang pasti. Penyebab flek hitam ini pun bervariasi, dan penyakit kulit juga tidak luput menjadi salah satu pemicunya. Tidak semua penyakit kulit berujung pada timbulnya flek hitam, namun tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih lanjut tentang jenis penyakit kulit apa saja yang dapat menyebabkan timbulnya flek hitam bukan?

  • Melasma: Penyakit kulit yang satu ini menyebabkan timbulnya flek berwarna keabuan yang biasanya menyerang daerah tertentu, seperti dahi, pipi, serta area sekitar mulut dan hidung. Penyakit ini juga bisa menyerang daerah tubuh yang sering terpapar sinar matahari, seperti bahu atau siku.
  • Linea Fusca: Garis-garis halus yang biasanya mulai muncul pada wanita yang telah memasuki usia paruh baya ini juga berujung pada timbulnya flek hitam.
  • Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH): Daerah wajah yang dulunya terdapat luka akan lebih sensitif daripada daerah wajah yang tidak pernah ada luka sebelumnya dan hal ini menyebabkan daerah wajah tersebut lebih cepat untuk terbakar.
  • Porki Loderma or Civatte: Penyakit kulit ini cenderung menyerang daerah leher karena merupakan bagian wajah yang sering terpapar sinar matahari. Penyakit kulit yang satu ini akan menyebabkan noda yang berwarna kemerahan atau merah kecoklatan.
  • Riehl’s Melanosis: Penyakit kulit yang satu ini akan menimbulkan noda berwarna keabuan atau kecoklatan pada wajah akibat hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi ini bisa disebabkan oleh terlalu lama terpapar sinar matahari atau karena menggunakan berbagai produk kecantikan yang menyebabkan kulit menjadi super sensitif.

 

 

4. Mengonsumsi Obat Tertentu

Terdapat beberapa obat yang sangat efektif untuk mengatasi berbagai penyakit tertentu, namun sayangnya juga dapat menyebabkan timbulnya flek hitam pada wajah kita. Kandungan yang terdapat pada obat ini akan tertimbun pada lapisan kulit dermis dan memicu timbulnya hiperpigmentasi. Proses pembentukan flek hitam ini akan semakin cepat jika kita juga sering terpapar sinar matahari secara langsung karena kulit kita sedang dalam kondisi yang sensitif. Proses ini juga lebih cepat daripada mereka yang sedang tidak mengonsumsi obat tertentu walaupun mereka tidak menggunakan tabir surya sama sekali. Hmm… lalu kira-kira obat apa saja ya yang dapat menyebabkan flek hitam?

  • Estrogen: Obat yang digunakan untuk menyeimbangkan hormon ini biasa dikonsumsi pada ibu hamil atau wanita yang sudah mengalami menopause.
  • Tetracyclines: Antibiotik yang satu ini biasa digunakan untuk mengatasi jerawat atau mengalami rosacea.
  • Amiodarone: Obat yang satu ini cenderung digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan jantung dan juga untuk mengatasi tekanan darah tinggi.
  • Phenytoin: Obat ini biasa digunakan oleh penderita epilepsi dan cenderung menimbulkan flek hitam pada wajah dan daerah tubuh lainnya.

 

5. Bekas Jerawat

Seperti yang kita tahu, timbulnya jerawat membuat penampilan kita menjadi kurang menarik dan sayangnya tidak jarang jerawat menimbulkan bekas pada wajah kita. Bekas jerawat ini juga bisa memicu timbulnya permasalahan kulit lainnya, yaitu timbulnya flek hitam. Selain jerawat, komedo juga bisa memicu timbulnya flek hitam pada beberapa daerah wajah, seperti pada dahi, pipi, atau leher. Selain itu, jerawat juga menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif daripada biasanya sehingga akan kulit akan lebih mudah terbakar dan teriritasi akibat paparan sinar matahari.

 

6. Paparan Sinar Matahari

Kulit yang terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama atau secara terus menerus dapat menyebabkan warna kulit menjadi belang atau timbul flek hitam. Hal ini sebenarnya dapat kita hindari dengan hanya melakukan satu hal yang praktis, yaitu menggunakan tabir surya saat bepergian sehingga kulit kita akan lebih terlindungi dari paparan sinar matahari.

sabun pemutih wajah
Baca Juga:  28 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

 

7. Penggunaan Scrub

Menggunakan scrub secara rutin adalah salah satu pilihan perawatan wajah yang praktis untuk dilakukan karena bahan utamanya yang mudah untuk didapat. Namun, tahukah kalian jika kita terlalu sering menggunakan scrub justru dapat menimbulkan permasalahan kulit, lebih tepatnya berujung pada timbulnya flek hitam? Kandungan yang terdapat pada scrub cenderung terlalu keras untuk kulit dan dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada kulit serta meningkatkan produksi melanin. Kondisi yang seperti ini tentu saja memperburuk keadaan flek hitam yang sudah muncul pada kulit atau justru flek hitam yang semakin menyebar alias semakin banyak.

 

8. Perubahan Hormon

Perubahan hormon khususnya peningkatan produksi estrogen dan proyesterone biasa terjadi pada ibu hamil atau ketika seseorang mengonsumsi pil KB. Kondisi hormon yang tidak seimbang ini cenderung lebih cepat menimbulkan flek hitam pada daerah tubuh tertentu.

9. Usia

Semakin bertambahnya usia seseorang juga berarti semakin menurunnya kemampuan sel-sel kulit kita untuk regenerasi daripada ketika kita masih pada usia yang lebih muda. Kulit juga akan semakin sulit untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan mengembalikan warna kulit yang belang.

 

10. Penggunaan Kosmetik yang Tidak Tepat

Seperti yang kita tahu, belakangan ini cukup banyak kosmetik yang menawarkan beberapa hal yang menggiurkan untuk membuat wajah kita semakin terlihat lebih cantik, seperti mampu memutihkan wajah, menghilangkan bekas jerawat, menghilangkan garis halus atau keriput dan semuanya hanya dalam waktu yang singkat. Namun sayangnya, kita sering kali tidak memperhatikan kandungan yang terdapat di dalamnya dan justru dapat membahayakan kesehatan kulit kita.

Bahan berbahaya yang dimaksud di sini dapat berbentuk parfum atau pewarna yang dapat memicu terjadinya fotosensitivitas, yaitu keadaan di mana kulit menjadi lebih sensitif ketika terpapar sinar matahari. Misalnya saja kita memakai kosmetik dengan kandungan yang berbahaya maka kulit akan lebih cepat menjadi terbakar, teriritasi, atau terbakar karena terpapar sinar matahari.

 

11. Polusi

Polusi adalah penyebab flek hitam terakhir karena kandungan pada polusi yang tidak sehat untuk kulit kita. di saat kulit terpapar polusi secara terus menerus, sel kulit juga akan melepas melanin secara berlebihan untuk melawan kerusakan akibat zat-zat yang mengiritasi kulit. Nah melanin yang diproduksi secara berlebihan ini akan menyebabkan flek hitam pada kulit.

 

Cara Mengatasi Flek Hitam di Wajah

Timbulnya flek hitam tentu bukan suatu hal yang kita inginkan. Namun, kedatangan flek hitam bukanlah suatu hal yang bisa diprediksi meskipun kita sudah berusaha menjaga kesehatan wajah semaksimal mungkin. Lalu, apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi flek hitam ini?

Nah jangan khawatir, selain membahas mengenai penyebab flek hitam, kali ini kita juga akan membahas cara menghilangkan flek hitam dengan cara yang tepat. Cara ini cukup praktis dan mudah untuk dilakukan karena kita akan memanfaatkan berbagai bahan alami yang ada di sekitar kita. Hmm.. kira-kira bahan alami apa saja ya yang bisa kita gunakan? Yuk kita simak yang satu ini!

1. Minyak Vitamin E

Bukan hanya orang awam yang mengatakan jika bahan alami yang satu ini ampuh untuk mengatasi flek hitam, namun banyak juga dermatologis yang telah membuktikan bahwa minyak vitamin E sangat efektif untuk mengatasi permasalahan warna kulit, khususnya flek hitam. Adanya peran anti-oksidan pada minyak vitamin E berfungsi untuk mencegah penuaan dini dan mempercepat proses penyembuhan sel-sel kulit yang rusak. Kabar baiknya lagi, minyak vitamin E tidak perlu dipadukan dengan bahan lainnya pun sudah efektif untuk digunakan sebagai perawatan wajah. Bahan yang benar-benar praktis bukan?

Baca Juga:  28 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Dalam penggunaannya, kita hanya perlu mengoleskan beberapa tetes minyak vitamin E pada daerah wajah yang terserang flek hitam dengan memijat-mijatnya secara perlahan. Perawatan ini dapat kita lakukan setiap hari secara rutin sebelum tidur.

 

2. Kentang

Berbagai zat yang ada dalam kentang sangatlah efektif untuk mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi sel-sel kulit. Selain itu, beberapa mineral seperti potassium, zinc, dan phosphorus berfungsi untuk meremajakan kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Seperti halnya minyak vitamin E, kentang yang tanpa dipadukan dengan bahan alami lainnya sudah sangat efektif untuk digunakan sebagai perawatan wajah. Caranya pun sangat mudah, yaitu meletakkan potongan kentang pada daerah wajah yang terserang flek hitam dan mendiamkannya selama 10 menit. Perawatan ini dapat kita lakukan secara rutin setiap hari.

 

3. Minyak Almond

Bukan suatu hal baru jika kita menemukan kandungan minyak almond pada berbagai kosmetik kita. Minyak almond adalah salah satu bahan alami yang sangat efektif berperan sebagai tabir surya dan melindungi kulit kita dari bahaya paparan sinar matahari. Selain itu, minyak almond mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, B2, B6, D serta E yang sangat efektif untuk menyamarkan flek hitam, noda pada wajah, serta menyamarkan segala pigmentasi yang ada.

Hal terbaik dari minyak almond adalah kandungannya yang tidak berat sama sekali sehingga mudah diserap kulit sehingga juga aman digunakan pada kulit sensitif. Menggunakan minyak almond pun sangat mudah, yaitu mengoleskan beberapa tetes minyak almond pada daerah yang terdapat flek hitam kemudian mendiamkannya tanpa perlu membilasnya. Perawatan ini dapat kita gunakan secara rutin tiap malam sebelum tidur.

4. Stroberi

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? Tingginya kandungan salicylic acid yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati serta adanya alpha hydroxy acids, membuat stroberi sebagai salah satu buah yang mampu menyamarkan flek hitam secara efektif. Menggunakan stroberi sebagai perawatan wajah kita pun sangat praktis, yaitu mencampurkan 4-5 buah stroberi yang sudah dihaluskan dengan 1 sendok madu yang akan kita gunakan sebagai masker. Masker yang sudah siap ini bisa kita gunakan pada seluruh bagian wajah dan didiamkan selama kurang lebih 40 menit kemudian dibilas dengan air hangat. Perawatan ini bisa dilakukan setiap hari.

 

5. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu bahan alami yang mengandung lactic acid dan berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati serta menyamarkan berbagai jenis hiperpigmentasi yang muncul, termasuk menyamarkan flek hitam pada wajah. selain itu, yogurt juga sangat efektif untuk melembutkan, mengencangkan, serta mencerahkan wajah. menggunakan yogurt sebagai perawatan ini sangatlah mudah, yaitu mencampurkan 2 sendok makan yogurt, 1 sendok makan air lemon, serta 1 sendok makan oatmeal hingga rata dan siap digunakan sebagai masker. Masker yang sudah siap dapat kita gunakan pada seluruh bagian wajah dan perlu didiamkan selama kurang lebih 20 menit hingga mengering sebelum dibilas dengan air. Perawatan yang satu ini bisa kita lakukan setidaknya 3 kali dalam seminggu.

 

Nah itu tadi adalah ulasan mengenai cara mengatasi flek hitam, mulai dari penyebab hingga cara menghilangkan flek hitam yang pastinya mudah untuk dilakukan. So, are you ready to get prettier? Start the beauty from yourself.

 

Related Search

author
Cara Memutihkan Wajah Cepat dan Mencerahkan Wajah Alami dengan Obat Krim Cream Pemutih Wajah Yang Ampuh Paling Bagus