15 Penyebab Wajah Kusam dan Gelap serta Cara Mengatasinya

sabun pemutih wajah

15 Penyebab Wajah Kusam dan Gelap serta Cara Mengatasinya – Apakah kamu termasuk salah satu orang yang memiliki masalah dimana wajah lebih gelap daripada leher? Jika iya, berarti selama ini kamu kurang memperhatikan kondisi wajahmu. Perlu kamu ketahui Guys, kulit wajah itu lebih sensitif dibandingkan bagian tubuh lainnya. Wajah juga sangat mudah terpapar matahari, sehingga rentan mengalami pigmentasi, kusam, jerawatan dan kering.

Nah, untuk mengatasi berbagai masalah tersebut tentunya kamu harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Jadi inilah beberapa penyebab wajah kusam dan gelap yang patut diwaspadai!


Pembesar Payudara

 

1. Kamu Jarang Melakukan Eksfoliasi

Penyebab pertama yang memungkinkan kenapa kulitmu menjadi cepat kusam dan gelap karena kamu jarang melakukan eksfoliasi.  Tahukah kamu bahwa mencuci muka saja tak cukup untuk membersihkan kotoran yang ada di pori-pori kulit. Setidaknya 1 kali dalam seminggu kamu harus melakukan eksfoliasi atau scrubbing yang bertujuang untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Untuk melakukan eksfoliasi, kamu bisa menggunakan scrub dari gula. Atau membeli produk peeling yang aman seperti Drop of Youth Liquid Peel.

 

2. Kelembaban Kulit Terkikis

Penyebab wajah kusam dan gelap berikutnya karena kondisi kelembaban kulit yang berkurang. Apabila kamu jarang menghidrasi kulitmu maka kulit akan kering dan perlahan menjadi kusam. Nah, maka itu kamu harus sering-sering  memberikan kelembaban pada wajah. Misalnya dengan meningkatkan konsumsi air putih, memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran. Atau jika ingin membeli skincara, kamu bisa memilih skincare yang mengandung ceramide atau asam hialuronat. Mengoleskan pelembab pada wajah sangat penting. Sebaiknya dilakukan setiap malam dan pagi hari. Dengan demikian kadar minyak dalam kulit juga akan seimbang dan wajah terhindari risiko hiperpigmentasi.

sabun pemutih wajah

 

3. Kamu Kurang Mengonsumsi Air Putih

Berapa gelas kamu mengonsumsi air putih dalam sehari? Air putih memiliki manfaat yang sangat menakjubkan bagi kulit. Mulai dari mengeluarkan racun tubuh, menghidrasi, mengencangkan serta membuat kulit terlihat lebih lembab dan cerah. Apabila kamu jarang mengonsumsi air maka yang akan terjadi wajahmu justru cepat menua, muncul garis-garis halus dan keriput. Kamu pasti tidak ingin hal itu terjadi, bukan? Maka itu, konsumsilah air putih setidaknya 7-8 gelas dalam sehari.

 

4. Hindari Stres Berlebihan

Faktor lain yang sering menjadi pemicu kulit kusam dan gelap adalah pikiran yang stres dan despresi. Banyak orang yang meremehkan kondisi stres. Bahkan membiarkannya berlarut-larut tanpa diatasi. Stres tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatanmu saja. Tapi juga membuat kulitmu cepat menua, gelap dan kusam.

5. Kurang Tidur

Kurang tidur menjadi kontributor utama penyebab pigmentasi kulit. Seseorang yang sering mengalami insomnia di malam hari maka efeknya peredaran darahnya menjadi tidak lancar. Produksi hormon stres, yakni hormon adrenokortitropik juga turut naik dan mengaktifkan tirosinase dalam melanosit  yang kemudian akan memicu hiperpigmentasi. Nah, maka itu hindari begadang apabila tidak benar-benar dibutuhkan. Tidur malam yang cukup (kira-kira 7-8 jam) dapat membuat kulit lebih cerah di keesokan paginya, proses regenerasi sel juga berlangsung lebih optimal dan pastinya badan terasa lebih segar.

6. Kebiasaan Merokok

Apakah kamu memiliki kebiasaan merokok yang sulit dihentikan? Menurut penelitian, merokok sangat berbahaya bagi kesehatan dan juga kulit. Di dalam sebatang rokok terkandung beragam zat karsinogenik yang dapat merusak struktur kulit. Merokok dapat menghancurkan kolagen, membuat kulit lebih cepat keriput, pucat dan tampak lesu. Stop kebiasaan merokok dari sekarang jika kamu tidak ingin mengalami penuaan dini!

 

 

7. Pemakaian Make-up yang Berlebihan

Make up memang dapat membuat wajah terlihat lebih cantik dan tampak fresh. Namun ternyata pemakaian make-up berlebihan justru berbahaya bagi kulit loh! Terlebih lagi jika kamu malas membersihkan make-up. Hal ini dapat menyebabkan menepelnya residu dalam pori-pori kulit yang kemudian akan berkembang menjadi komedo, jerawat bahkan wajah menjadi kusam. Guys, jangan pernah malas membersihkan wajah setiap sebelum tidur. Hindari penggunaan alkohol untuk membersihkan make-up karena itu akan membuat wajahmu kering. Sebaiknya gunakan make-up remover yang lebih alami dan ringan. Kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk membersihkan sisa-sia make-up di malam hari.

 

8. Pola Makan yang Tidak Seimbang

Selanjutnya coba cek pola makanmu. Apakah kamu sudah membiasakan pola makan yang sehat dan bergizi seimbang? Atau jangan-jangan kamu masih gemar mengonsumsi makanan cepat saji dan kemasan? Makanan-makanan kemasan biasanya mengandung bahan pemanis buatan yang berisiko buruk terhadap kulit. Gula dapat mempercepat munculnya keriput dan membuat kulit tampak lebih kusam. Sebaliknya, jika kamu gemar mengonsumsi makanan sehat seperti ikan-ikanan, sayuran dan buah-buahan maka kecantikan kulit pun juga akan terjaga. Sebagaimana wanita di China, Jepang dan Korea yang gemar mengonsumsi makanan nabati serta ikan, mereka cenderung memiliki kulit putih mulus dan bersih, bahkan awet muda.

 

9. Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah wajah yang seolah tak pernah berhenti menghantui. Jerawat tidak hanya menganggu penampilan. Namun bekas jerawat pun juga bisa menjadi pemicu hiperpigmentasi kulit. Luka pada kulit yang disebabkan oleh terapi laser atau dermabrasi biasanya rentan mengalami penggelapan. Oleh sebab itu, kamu harus berhati-hati dalam mengatasi jerawat. Pastikan kamu mengambil tindakan yang tepat. Jangan menggunakan krim atau obat abal-abal. Kamu bisa memanfaatkan perawatan dengan bahan alami (misalnya lidah buaya) atau berobat ke dokter spesialis kulit dan kelamin yang telah berpengalaman.

 

 

10. Efek Parabens

Parabens adalah salah satu jenis zat pengawet yang sering digunakan dalam kosmetik. Biasanya industri kecantikan menggunakan methylparaben untuk produk-produk skincare sehingga tidak mudah rusak. Namun demikian, tahukah kamu ternyata parabens memberikan efek buruk bagi kulit jika digunakan secara terus-menerus. Apabila parabens bereaksi dengan paparan sinar UV maka dapat memicu kerusakan DNA dan menyebabkan munculnya keriput. Sebaiknya pililah produk kecantikan untuk wajah yang bebas parabens. Misalnya saja brand Freeman, The Saem, Laneige dan sebagainya.

 

11. Jarang Menggunakan Sunscreen

Sunscreen atau sunblock adalah kosmetik yang wajib dimiliki oleh setiap wanita. Produk tersebut berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat memicu hiperpigmentasi. Apabila kamu malas menggunakan sunscreen atau sunblock, maka sinar UV akan meradiasi kulitmu dan menjadikannya lebih cepat kusam, kering dan kemerahan. Oleh sebab itu, jangan pernah mengoleskan sunscreen setiap hari di wajah, sekalipun kamu tidak beraktivitas di luar ruangan.

 

 

12. Sirkulasi Darah yang Buruk

Sirkulasi darah yang buruk sering berakibat pada berkurangnya kadar oksigen dalam darah. Hal ini menyebabkan pigmentasi kulit, munculnya flek-flek hitam dan kulit menjadi lebih kusam. Untuk menghindari kondisi tersebut kamu harus memperbanyak aktvitivas olahraga. Sesekali pergilah untuk pijat rileksasi. Ini akan membantu merangsang aliran darah menjadi lancar kembali.

 

13. Perubahan Hormonal

Penyebab wajah kusam dan gelap berikutnya adalah perubahan kadar hormon yang terjadi dalam tubuh. Biasanya masa-masa kehamilan, menstruasi dan efek pengonsumsian pil KB dapat mempengaruhi keseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Sehingga pada waktu tersebut, kulit cenderung menjadi menggelap baik di wajah, leher atau bagian lipatan tubuh. Untuk meminimalisir dampak tersebut, kamu bisa mengurangi pengonsumsian makanan pemicu kenaikan estrogen. Perbanyak makan buah, air putih dan sayuran.

 

14. Siklus Menstruasi

Pada masa menstruasi biasanya kadar hormon estrogen dan progesteron akan meningkat. Kondisi ini memicu melanosit untuk memproduksi pigmen lebih banyak. Sehingga kaibatnya kulit akan tampak lebih gelap. Kamu disarankan untuk menghindari paparan UV secara langsung selama masa PMS atau menstruasi, sebab kulit cenderung sensitif terhadap cahaya. Bahkan rentan mengalami hiperpigmentasi saat terpapar sinar matahari secara langsung. Jika kamu hendak beraktvitas di luar ruangan maka jangan lupa untuk menggunakan sunblock, topi atau payung. Akan lebih baik lagi jika kamu berpergian disaat matahari sudah agak teduh atau di pagi sebelum jam 09.00.

 

15. Pemakaian Kosmetik yang Mengandung Logam Berat

Dalam memilih kosmetik untuk wajah tentunya kamu harus jeli dan waspada. Pastikan kosmetik yang kamu pakai berstandar BPOM dan bebas dari kandungan logam berat seperti merkuri, arsen, perak, emas, bismut, timbal dan sejenisnya. Kosmetik yang mengandung logam berat sangat berbahaya bagi kulit. Dapat menyebabkan kulit kemerahan, menipis dan breakout parah. Maka itu, sebelum kamu membeli kosmetik bacalah daftar bahannya terlebih dahulu. Apabila kamu ada yang tidak mengerti, kamu bisa searching di internet. Yang jelas jangan sampai kamu menginvestasikan wajahmu pada produk yang salah ya, ladies!

 

Tips-Tips Mengatasi Wajah Kusam dan Gelap

Setelah mengetahui penyebab dari wajah kusam, tentunya sekarang kamu bisa mengerti dan lebih waspada, bukan? Dengan menghindari hal-hal diatas maka kulitmu dipastikan bisa sehat terhindar dari risiko kusam. Nah, sebagai tambahan info, berikut ini beberapa tips mengatasi wajah kusam dan gelap yang bisa kamu cobain:

  1. Pastikan kamu selalu menggunakan sunscreen setiap hari di pagi sampai siang hari walaupun kamu hanya beraktivtas dalam rumah
  2. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran
  3. Jangan mengurangi asupan air putih. Baiknya air putih dikonsumsi sebanyak 8 gelas perhari
  4. Rawat kulitmu dengan skincare yang aman dan berstandar BPOM. Utamakan memilih skincare yang berigredient bahan-bahan organik
  5. Hindari kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol
  6. Batasi konsumsi gula, khususnya zat pemanis buatan
  7. Cukupkan waktu tidur malam. Sebaiknya tidur malam 8 jam sehari
  8. Sesekali gunakan masker alami dari buah atau sayuran atau rempah untuk mempercantik kulitmu
  9. Jangan lupa membersihkan make-up setiap sebelum tidur
  10. Gunakan masker beras 1-2 kali dalam seminggu

 

Demikianlah beberapa penyebab wajah kusam dan gelap paling umum, serta tisp-tips untuk mencerahkan wajah. Yang terpenting jangan lupakan untuk beribadah kepada Allah Ta’ala karena air wudhu pun bisa membuat wajah terlihat lebih bercahaya.

Oiya, bagi kamu yang memiliki tipe kulit sawo matang sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri untuk memutihkan wajah. Pada dasarnya pigmen kulit tidak berubah. Kamu hanya bisa berusaha membuat wajah tampak cerah dan lebih bersih. Jadi syukuri apa yang kamu miliki dan tetaplah menjadi pribadi yang percaya diri. Cantik itu enggak harus selalu putih. Semoga bermanfaat dan dapat membantu ya, ladies.

 

Related Search

author
Cara Memutihkan Wajah Cepat dan Mencerahkan Wajah Alami dengan Obat Krim Cream Pemutih Wajah Yang Ampuh Paling Bagus