10 Tips Memilih Pelembab Wajah yang Benar

2 comments 774 views
sabun pemutih wajah

10 Tips Memilih Pelembab Wajah yang Benar – Tahukah kamu, paparan sinar matahari dan pemakaian sabun muka yang dilakukan secara terus-menerus bisa membuat kulit wajamu jadi kering loh. Apabila kulit mengering maka efeknya keriput dan garis halus mudah muncul. Selain itu, wajah kering juga membuatnya tampak lebih kusam dan menjadi penyebab flek hitam.

10 Tips Memilih Pelembab Wajah yang Benar

Nah, untuk mencegah itu terjadi kamu perlu menghidrasi wajahmu. Salah satunya dengan menggunakan produk pelembab atau dikenal juga sebagai moisturizer.


Pembesar Payudara

Dalam memilih produk pelembab wajah, kamu tidak boleh asal-asalan. Walaupun produk tersebut memiliki klaim yang bagus namun terkadang belum tentu cocok untuk kulitmu. Maka itu, sebelum membeli pelembab, sebaiknya perhatikan dulu tips-tips memilih pelembab wajah di bawah ini!

1. Ketahui Tipe Kulitmu

Tips memilih pelembab wajah yang pertama adalah kenali tipe kulitmu. Ini adalah poin yang paling penting. Karena tiap jenis produk pelembab memiliki formulasi yang berbeda-beda. Misalnya saja merk pelembab A dikenal bagus untuk mencerahkan wajah. Produk tersebut mungkin cocok di wajah temanmu. Tapi belum tentu cocok di kamu. Sebab tipe kulit kalian bisa jadi berbeda. Maka itu, sesuaikan produk yang kamu beli dengan tipe kulitmu. Kamu bisa melihat dari ingredientnya mana yang memang diformulasikan untuk kulit kering, berminyak atau normal.

2. Pelembab untuk Kulit Normal

Memiliki tipe kulit normal adalah keuntungan tersendiri. Kulit normal berada di perbatasan tengah antara berminyak dan kering. Umumnya kulit normal memiliki tingkat kelembaban yang baik. Hal ini membuatmu mudah dalam memilih produk pelembab. Kamu bisa membeli produk yang water based untuk pelembab pagi hari atau oil based untuk malam hari. Selain itu, kulitmu juga cenderung aman-aman aja bila menggunakan produk brightening dengan kandungan apapun itu, asalkan bukan senyawa yang membahayakan kulit.

Baca Juga:  4 Jenis Susu untuk Masker Pemutih Wajah yang Bagus

3. Pelembab untuk Kulit Kering

sabun pemutih wajah

Apabila kamu punya tipe wajah berkulit kering, lebih baik kamu memilih produk pelembab yang diformulasikan dengan oil based ketimbang water based. Mengapa demikian? Sebab produk-produk yang mengandung ekstrak minyak ini akan membuat wajahmu terhidrasi lebih optimal walaupun kesannya jadi thick dan heavy di kulit. Apabila kamu rutin dalam penggunaannya (idelanya 2 kali sehari) maka kelembaban alami kulit akan balik secara perlahan.

4. Pelembab untuk Kulit Berminyak

Kulit wajah yang gampang banget minyakan biasanya rentan kusam dan berjerawat. Untuk mengatasinya kamu bisa memilih produk pelembab yang berbahan water based atau oil free. Kandungan tersebut tentunya lebih ringan di kulit dan mudah meresap di kulit. Dengan demikian, wajahmu enggak akan terlihat kucel hanya karena kelebihan minyak.

5. Pelembab untuk Kulit Sensitif

Beberapa orang ada yang memiliki tipe kulit sensitif. Artinya, kulit wajahnya mudah memberikan reaksi berlebihan terhadap pemakaian bahan tertentu. Yang kemudian berdampak pada kulit menjadi iritasi kemerahan, berjerawat dan gatal-gatal. Nah, kondisi wajah tersebut butuh perhatian khusus. Apabila kamu termasuk orang yang punya wajah tipe sensitif maka kamu harus jeli dalam memilih produk pelembab. Sebagai saran, sebaiknya pilih produk yang berbahan water based sebab formulanya lebih ringan jadi risiko iritasi juga bisa diminimalisir. Selain itu pastikan juga kamu membeli yang berlabel “non comedogenic”. Dengan demikian, kamu bisa lebih merasa nyaman saat menggunakannya.

6. Utamakan Produk Berbasis Organik

Saat ini, banyak sekali produk pelembab yang menjanjinkan dapat memutihkan wajah atau menaikkan tone kulit lebih cerah setingkat secara permanen. Saran kami sebaiknya kamu jangan mudah tergiur dengan klaim tersebut. Kamu perlu mengencek komposisinya terlebih dahulu. Produk-produk yang menjanjikan kulit putih dalam waktu singkat biasanya mengandung bahan yang membahayakan wajah. Maka itu, utamakan memilih produk berbasis organik. Artinya produk tersebut lebih dominan menggunakan bahan-bahan alami dan tidak mengandung paraben ataupun alkohol. pelembab atau masker pemutih wajah alami akan lebih aman bagi kulit. Risiko efek sampingnya juga bisa terminimalisir. Walaupun hasilnya mungkin agak lama, tapi produk berbahan organik tetap lebih baik dibandingkan dengan yang berbahan senyawa sintetis.

Baca Juga:  21 Jenis Laser Wajah untuk Menghilangkan Flek Hitam dan Efeknya

7. Pastikan Produk Terdaftar BPOM

Untuk produk pelembab drugstore lokal, pastikan kamu memperhatikan apakah produk tersebut sudah mengantongi izin BPOM atau belum. Nomor BPOM biasanya dituliskan di kemasan luar produk. Untuk lebih memastikan, kamu bisa mencari nama produknya langsung di situs resmi BPOM. Bagi kamu yang muslim pastikan juga produk tersebut halal. Akan lebih baik jika mengutamakan produk yang bebas animal derived ingredients.

Selain itu, pastikan pula produk telah teruji dermatologist. Kamu juga harus mempelajari tips memilih cream pemutih wajah yang aman serta tips memilih klinik kecantikan.

8. Hindari Produk Berbahan Kimia Berbahaya

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting adalah hindari produk yang mengandung bahan kimia berbahaya. Biasanya bahan-bahan yang disinyalir membahayakan kesehatan kulit seperti merkuri dan hydroquinon. Kamu bisa mengecekanya di kandungan komposisi. Namun demikian ada juga produk yang tidak mencantumkan semua ingredientnya. Kamu bisa mencari tahu keamanan produk tersebut dengan browsing di internet atau bertanya pada ahli farmasi.

9. Untuk Pelembab Antioksidan, Pilih yang Berkemasan Tebal

Untuk produk yang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi, sebaiknya pilih produk yang berada dalam kemasan berwarn gelap dan tidak tembus cahaya. Ini bertujuan untuk menghindari kontak langsung antara sinar UV dengan zat antioksidan, sebab ditakutkan matahari bakal merusak komposisi di dalamnya.

10. Utamakan Memilih Kemasan Tube dibandingkan Jar

Dalam membeli produk pelembab wajah memang hal yang harus diutamakan adalah melihat ingredientnya, apakah bagus ataukah tidak. Namun demikian, tak ada salahnya juga kamu memperhatikan bentuk kemasannya. Sebaiknya kamu lebih memilih kemasan tube dibandingkan jar. Sebab produk dalam kemasan tube terjamin kehegenisannya. Sedangkan produk berbentuk jar harus menggunakan spatula untuk penggunaanya. Bila tidak ada, maka kamu disaranakan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memakainya. Sebab ditakutkan bakteri dari tangan bisa berpindah ke pelembab dan memicu dampak negatif bagi kulit.

Baca Juga:  11 Cara agar Wajah Cerah dan Tidak Kusam

Demikianlah tips-tips memilih pelembab wajah yang Bagus. Tips diatas tak hanya berlaku untuk memilih pelembab, tapi juga trik membeli  produk skincare korea untuk memutihkan wajah, sunblock pemutih wajah dan  serum pemutih wajah. Oiya, sekedar informasi bila kamu ingin mendapatkan kulit sehat maka tidak cukup hanya dengan mengoleskan krim saja. Kamu juga perlu menjaga asupan air putih dan konsumsi buah serta sayurannya.

Related Search

author
Cara Memutihkan Wajah Cepat dan Mencerahkan Wajah Alami dengan Obat Krim Cream Pemutih Wajah Yang Ampuh Paling Bagus