Bintik Hitam Di WajahPenyebab dan Cara Mengatasinya

sabun pemutih wajah

Bintik Hitam Di Wajah Penyebab dan Cara Mengatasinya – Pernahkah Anda mengalami masalah bintik hitam di wajah? Walaupun tidak menimbulkan rasa sakit, namun bintik hitam pada wajah bisa menurunkan kepercayaan diri. Anda harus selalu menutupinya dengan make-up full coverage. Namun terkadang itu juga tidak berhasil dan justru membuat penampilan jadi terlihat aneh.

bintik hitam di wajah seperti kutil,bintik hitam di wajah tapi bukan jerawat,bintik hitam di wajah adalah,bintik hitam di wajah bule,bintik hitam di wajah semakin banyak,bintik hitam di wajah seperti tahi lalat,bintik hitam di wajah disebabkan oleh,bintik hitam di wajah seperti komedo,bintik hitam di wajah dan leher,bintik hitam di wajah bayi,bintik hitam di wajah

Lalu apa yang sebaiknya dilakukan? Tentu saja bintik hitam di wajah harus segera diatasi. Untuk menghilangkan bintik hitam tidak harus selalu menggunakan obat atau krim tertentu. Bintik hitam juga bisa loh disamarkan dengan bahan-bahan alami. Namun sebelum membahas perihal cara mengatasi bintik hitam, ada baiknya bila Anda mengetahui penyebab kemunculan bintik hitam di wajah.

Penyebab Bintik Hitam di Wajah

Ada banyak faktor yang memicu timbulnya bintik hitam di wajah. Apabila Anda mengetahui faktor penyebab bintik hitam maka untuk mencari solusi penyembuhannya pun juga akan lebih mudah. Nah, berikut ini beberapa penyebab bintik hitam di wajah:

sabun pemutih wajah

1. Paparan Sinar Matahari

Penyebab flek hitam yang paling sering terjadi adalah dikarenakan paparan sinar matahari. Apabila Anda beraktivitas di luar ruangan tanpa menggunakan sunscreen maka kulit akan terpapar sinar UV-B. Pancaran dari UV-B ini menimbulkan dampak negatif bagi kulit. Menyebabkan pigmentasi berlebihan, kulit kering, belang bahkan mengelupas. Hal inilah juga yang membuat munculnya bintik hitam. Maka itu, sebaiknya selalu gunakan sunscreen ataus sunblock di siang hari.

2. Efek Polusi


Pembesar Payudara

Penyebab berikutnya adalah efek polusi. Saat Anda terpapar debu, asap kendaraan dan asap pabrik maka kulit akan memproduksi lebih banyak sel-sel melanin guna memberikan perlindungan terhadap radikal bebas. Apabila kondisi ini terjadi secara terus-menerus maka kulit pun bakal mengalami hiperpigmentasi yang berarti penggelapan kulit. Salah satu gejalanya adalah munculnya flek hitam. Selain itu wajah juga tampak kusam dan warna kulit menjadi tidak merata.

Baca Juga:  Daun Jambu Untuk Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah

3. Efek Hormonal Tubuh

Bintik hitam di wajah juga bisa disebabkan oleh faktor internal, misalnya efek hormonal. Ini biasa terjadi saat menjelang menstruasi, masa pubertas dan saat hamil. Kadar hormon progesteron dan estrogen tidak seimbang. Sehingga memicu pembentukan melanin berlebihan. Selain itu, kemunculan bintik hitam juga dipengaruhi oleh hormon MSH (Melanin Stimulating Hormone).

4. Pengaruh Genetik

Walaupun cukup langka, namun kemunculan bintik hitam di wajah juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan. Seseorang yang memiliki keluarga dengan riwayat masalah bintik hitam atau hiperpigmentasi maka berisiko mengalami kondisi sama.

5. Bekas Jerawat

Bintik hitam di wajah dapat disebabkan oleh bekas dari jerawat. Hal ini biasanya dikarenakan Anda memencet jerawat dengan paksa. Sehingga akibatnya jerawat tersebut pecah, namun meninggalkan bekas hitam.

6. Luka atau Bekas Cedera

Kemungkinan lain yang menyebabkan timbulnya bintik hitam di wajah adalah luka atau bekas cedera. Kondisi ini bisa bermula dari iritasi ringan yang kemudian tak kunjung sembuh. Lalu berubah warna menjadi kehitaman. Atau juga bisa akibat infeksi karena menggaruk jaringan kulit yang luka.

7. Efek Pemakaian Kosmetik

Penyebab bintik hitam di wajah selanjutnya adalah efek dari pemakain kosmetik. Perlu kamu tahu bahwa terdapat beberapa kosmetik yang mengandung bahan yang enggak boleh terpapar sinar matahari. Apabila zat tersebut berinteraksi dengan matahari maka bisa menyebabkan reaksi berlebihan pada kulit sehingga muncullah flek hitam. Maka itu, sebelum membeli kosmetik pastikan Anda mempelajari ingredientnya terlebih dahulu. Bahan-bahan aktif apa saja yang terkandung di dalamnya dan bila perlu carilah review sebanyak mungkin.

8. Konsumsi Obat-Obatan

Tahu nggak sih, ternyata ada loh beberapa jenis obat yang bisa merangsang munculnya bintik hitam atau pigmentasi berlebihan pada kulit. Biasanya obat tersebut adalah obat yang mempengaruhi kerja hormon. Misalnya saja pil KB, mesantoin, sitostatik dan masih banyak lainnya.

Baca Juga:  11 Cara Memutihkan Wajah Dengan Kopi

Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah

Setelah membahas tentang penyebab bintik hitam di wajah, selanjutnya kita akan membagikan tips-tips menghilangkan bintik hitam. Diantaranya yakni:

1. Kentang dan Madu

Siapa sih yang tidak tahu kentang? Sayuran berwarna kuning yang sering digunakan campuran dalam sup ini ternyata ampuh loh buat menyamarkan bintik hitam dan cara menghilangkan flek hitam di wajah setelah KB. Kentang memiliki kemampuan mencerahkan kulit, termasuk mengatasi mata panda juga.  Untuk pembuatannya, Anda bisa mengombinasikan dengan madu. Madu ini mengandung vitamin C yang juga berperan masker pemutih wajah alami. Caranya:

  • Campurkan 1 sdm jus kentang dengan 1 sdm madu
  • Aduk rata, lalu oleskan pada bagian wajah yang ada bintik hitamnya
  • Diamkan selama 20 menit
  • Setelah itu bilas dengan air dingin sampai bersih

2. Lemon dan Lidah Buaya

Cara menghilangkan flek hitam yang kedua adalah menggunakan lemon. Buah ini mengandung asam cukup tinggi. Khasiatnya dapat mengatasi masalah pigmentasi berlebihan dan membantu warna kulit menjadi normal kembali, bahkan juga untuk cara memutihkan wajah kusam secara alami . Anda bisa mengombinasikannya dengan lidah buaya yang juga ampuh mengatasi flek hitam sekaligus menghadirkan efek menenangkan. Untuk cara pengaplikasiannya:

  • Campurkan ½ sdm air perasan lemon dengan beberapa tetes gel lidah buaya
  • Aduk rata
  • Selanjutnya oleskan pada bintik hitam di wajah
  • Diamkan selama 10-15 menit
  • Terakhir bilas dengan air dingin sampai bersih
  • Metode ini bisa kamu aplikasikan 2-3 kali dalam seminggu

3. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel merupakan salah satu bahan alami yang sering dimanfaatkan untuk mencerahkan wajah. Cuka apel ini dapat mengatasi masalah bintik hitam. Selain itu cara memutihkan wajah dengan cuka apel juga terbilang efektif. Cara pengaplikasiannya:

  • Campurkan cuka sari apel dan air putih dengan perbandingan 1:1
  • Aduk rata
  • Teteskan sedikit cuka sari apel pada kapas
  • Oleskan pada bagian bintik hitam
  • Diamkan selama 20 menit
  • Lalu bilas dengan air dingin sampai bersih
Baca Juga:  7 Penyebab Wajah Susah Putih dan Cerah

4. Pepaya

Pepaya juga bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan bintik hitam di wajah. Pepaya mengandung enzim papain yang berperan dalam mengatasi pigmentasi serta beragam vitamin untuk menutrisi kulit agar sehat kembali. Cara pengaplikasiannya cukup mengoleskan sedikit jus pepaya pada bintik hitam di wajah. Diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air dingin sampai bersih. Metode ini bisa Anda terapkan sesering mungkin. Pepaya juga berguna untuk cara memutihkan wajah secara alami.

Jadi itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi bintik hitam pada wajah. Apabila cara-cara diatas tidak membuahkan hasil. Sedangkan kondisi bintik hitam semakin parah dengan disertain inflamasi bahkan keluarnya nanah atau darah, maka segera memeriksakan diri ke dokter.

author
Cara Memutihkan Wajah Cepat dan Mencerahkan Wajah Alami dengan Obat Krim Cream Pemutih Wajah Yang Ampuh Paling Bagus