Senam Wajah: Cara, Manfaat dan Gerakannya

115 views
sabun pemutih wajah

manfaat senam wajah,senam wajah untuk mengencangkan kulit,senam wajah sebelum tidur,video senam wajah,senam wajah agar tirus,senam mulut,resep jitu agar awet muda,senam wajah agar hidung mancung,cara senam mulut dan lidah

Senam Wajah: Cara, Manfaat dan Gerakannya – Sudahkah kamu mendengar tentang senam wajah? Wajah sama seperti tubuh, wajah juga memerlukan senam. Tahukah kamu bahwa wajah manusia  memiliki lebih dari 40 otot yang harus dijaga. Bisakah kamu bayangkan jika otot-otot tersebut harus menahan ketegangan sepanjang hari akibat stres dan emosi yang kamu alami selama ini? Itulah sebabnya mengapa kamu perlu untuk melakukan senam wajah. manfaat senam wajah

 

Tidak ada batasan usia dan waktu untuk melakukan senam ini. Kamu hanya perlu komitmen untuk melakukannya supaya kamu dapat merasakan manfaat dari senam wajah ini. Sebelum mempelajari gerakan-gerakan dalam senam wajah, kamu perlu tahu 10 manfaat senam wajah berikut ini agar kamu semakin semangat melakukannya. Berikut ini manfaatnya:

1. Meningkatkan Fungsi Indera yang Terdapat di Wajah

sabun pemutih wajah

Senam wajah telah lama dijadikan sebagai terapi pengobatan bagi pasien yang mengalami kelumpuhan saraf seperti penyakit stoke dan kelumpuhan wajah atau Bell’s palsy. Senam tersebut diciptakan untuk meningkatkan fungsi indera (seperti indera penglihatan, indera penciuman, indera pengecap dan indera pendengaran) yang mengalami penurunan fungsi akibat kelumpuhan saraf.

Gerakan-gerakan pada otot wajah akan mengaktifkan kembali fungsi sensorik pada jalur saraf yang terhubung ke otak. Walaupun kemajuan yang dihasilkan dari senam wajah terhadap pasien penderita stroke memerlukan waktu yang lama, senam wajah telah banyak membantu dan mempercepat pemulihan setiap pasien yang melakukan terapi dengan intens.

Bila senam wajah dapat begitu menolong bagi penyakit dengan kasus yang berat seperti stroke, maka sudah pasti senam wajah juga akan menolong kita meningkatkan fungsi indera. Lanjutkan membaca artikel ini hingga selesai untuk menemukan variasi gerakan senam wajah yang dapat meningkatkan fungsi indera wajah.


Pembesar Payudara

 

2. Merileksasikan Otot-otot yang Tegang

Banyaknya pekerjaan dan faktor stress yang harus kita hadapi setiap hari seperti pekerjaan di kantor atau tugas  kuliah membuat tubuh dan pikiran penat. Kepenatan tersebut tak jarang mengundang kerutan-kerutan di dahi sebagai ekspresi dari rasa marah dan lelah. Namun kita jarang menyadari bahwa bukan hanya otot tubuh dan pikiran saja yang penat, otot wajah kita juga mengalami kepenatan yang sama. Bayangkan, ribuan syaraf di kepala kita bekerja dengan keras untuk mengatur otot mata, otak, hingga leher. Senam wajah yang dikombinasikan dengan teknik pernapasan yang tepat, bila dilakukan secara rutin akan membuat wajah terlihat rileks, santai dan tentu saja semakin segar.

 

3. Memperlancar Sirkulasi Oksigen dalam Darah

Aliran darah yang buruk sangat tidak baik untuk kesehatan dan kecantikan. Setidaknya ada beberapa masalah kulit yang timbul akibat sirkulasi darah yang buruk, yaitu memudarnya warna kulit, timbulnya jerawat, melambatnya proses penyembuhan luka pada kulit, lingkaran hitam pada mata dan munculnya garis-garis penuaan. Dengan melakukan senam wajah, sirkulasi darah yang bertugas mengantarkan oksigen menjadi semakin aktif. Senam wajah juga merangsang aliran darah berimprovisasi dengan baik.

 

4. Membantu Menyingkirkan Bekas Jerawat, Noda Hitam, dan Masalah Kulit Lainnya

Ada beragam produk yang bisa menghilangkan jerawat, noda hitam, dan masalah kulit lainnya dengan cepat. Tapi, bila kamu adalah tipikal orang yang tidak suka menggunakan kosmetik dan apapun yang berhubungan dengan itu, sebaiknya kamu mencoba senam wajah. Di poin sebelumnya telah dijelaskan  kalau senam wajah dapat memperlancar sirkulasi darah.

Sirkulasi darah yang berjalan lancar membuat distribusi oksigen dan nutrisi dalam jaringan kulit tidak terhambat. Oksigen dan nutrisi yang terpenuhi akan membuat wajah sehat dan segar, lingkaran hitam di sekitar mata dapat dihalau, bekas jerawat pun akan menghilang perlahan tanpa bantuan kosmetik. Intinya dengan senam wajah, regenerasi kulit dapat terjadi dengan maksimal, masalah pada wajah pun dapat diatasi secara natural.

 

5. Membuang Racun-racun dari Wajah

Tahukah kamu bahwa ada banyak sekali racun yang menumpuk di wajah. Racun-racun tersebut terdiri dari debu, polusi, sel kulit mati bahkan zat-zat kimiawi dari kosmetik yang digunakan sehari-hari. Tumpukan racun inilah yang menjadi akar munculnya permasalahan di wajah seperti wajah kusam, jerawat, komedo hingga pori-pori besar pada wajah. Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo.

Mengetahui fakta tersebut sangat penting bagi kita untuk melakukan detoksifikasi secara alami dari dalam tubuh kita sendiri. Gerakan pada otot wajah dapat memicu terjadinya proses detoksifikasi, sehingga racun-racun yang mengendap pada jaringan kulit terbawa keluar. Setiap gerakan dari senam wajah akan merangsang  cairan getah bening bergerak mengikuti aliran darah. Dengan begitu setiap zat racun akan terbawa keluar melalui pori-pori pada wajah.

Baca Juga:  11 Penyebab Wajah Belang dan Cara Mengatasinya Secara Ampuh

6. Menghalau Kerutan di Dahi

Dahi merupakan salah satu bagian wajah yang sangat rentan terhadap kerutan. Gerakan-gerakan ekspresif pada mata memicu timbulnya kerutan-kerutan pada dahi. Pada usia di atas 30 tahun, kerutan tersebut biasanya akan mulai nampak. Ada gerakan-gerakan senam yang diciptakan khusus untuk menghalau munculnya kerutan-kerutan di dahi. Setidaknya gerakan tersebut akan mengantisipasi kerutan datang terlalu cepat.

 

7. Mengencangkan Bibir

Lipstik memang bisa menyembunyikan segala kekurangan pada bibir kita, namun hal itu hanya bersifat sementara. Ada senam yang di khususkan untuk membuat bibir kita lebih sehat, elastis dan membantu membentuk senyum menjadi lebih baik.

 

8. Memberikan Rasa Bahagia

Bagaimana tidak, senam wajah yang menghasilkan wajah yang kencang dan sehat akan memberikan kepuasan tersendiri bagi mereka yang melakukannya. Selain itu itu senam wajah juga dapat memicu terbentuknya hormon endorfin, hormon yang bekerja membuat perasaan bahagia. Rasa bahagia tersebut akan membantu emosi kita tetap terjaga dan seperti sebuah lingkaran tanpa henti, rasa bahagia juga membuat kita semakin terlihat lebih muda. Jadi entah itu secara emosional maupun biologis, senam wajah dapat memberikan kamu rasa bahagia.

 

 

9. Salah Satu Perawatan Wajah Paling Aman dan Alami

Dari pada mengeluarkan banyak biaya untuk membeli produk yang belum tentu sesuai dengan ekspektasi dan keselamatan kulit kita, lebih baik menjadikan senam wajah sebagai sarana untuk  mendapatkan kulit cantik alami. Tidak ada efek samping yang ditimbulkan dengan melakukan senam wajah ini. Tak jarang beberapa orang yang melakukan botoks, face lift, operasi plastik, laser, memakai krim mahal dengan berbagai kandungan kimia yang berbahaya, harus menghadapi konsekuensi buruk  akibat keputusan tersebut. Dengan melakukan senam wajah secara rutin, kamu akan memperoleh kulit cantik yang sehat secara alami, tanpa resiko dan minim biaya.

 

10. Memicu Produksi Kolagen yang Menjadikan Kulit Kencang

Gejala-gejala penuaan pada wajah memang akan datang seiring bertambahnya usia. Keriput, kantung mata, garis-garis pada dahi, dan kerutan pada mata adalah sebagian dari tanda penuaan. Pada dasarnya kondisi ini disebabkan karena berkurangnya produksi kolagen di dalam kulit secara drastis yang berujung pada menurunnya elastisitas kulit. Kolagen merupakan protein yang terdapat pada lapisan dermis kulit yang menjaga kulit. Senam wajah akan menstimulasi kulit untuk memproduksi lebih banyak kolagen. Selain itu, gerakan-gerakan dari senam wajah ini selain dapat mengencangkan kulit kembali, juga dapat membuat pipi dan dagu jadi lebih tirus.

 

 

Gerakan dan Cara Senam Wajah

Setelah mengetahui manfaat dari senam wajah, kamu tentu ingin tahu gerakan seperti apa saja yang disebut dengan senam wajah. Gerakan senam wajah ini terdiri dari berbagai variasi gerakan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Ada gerakan untuk dahi, bibir, leher, pipi, mata, dan sebagainya. Tanpa membuang waktu langsung saja, simak gerakan-gerakan senam wajah yang paling popular berikut ini:

1. Senam Dahi

Gerakan DahiSeperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gerakan ekspresif mata dan kernyitan-kernyitan yang kita lakukan di kening menimbulkan garis-garis halus dan ketegangan pada dahi.

Gerakan senam pada dahi dilakukan untuk menghalau kerutan-kerutan tersebut dan juga untuk melemaskan kembali otot dahi yang tegang akibat kernyitan yang sering kita lakukan tanpa sadar.

Ada beberapa variasi gerakan senam dahi yang dapat kamu lakukan. Metode pertama, gunakan otot dahi untuk mengangkat dan menurunkan alis mata. Angkat alis mata dan tahan kurang lebih 5 hingga 10 detik lalu turunkan. Lakukan gerakan ini setiap pagi dan ulangi hingga 10 kali. Metode kedua, letakkan tangan di bawah dahi, kemudian tarik dengan gerakan lembut ke atas. Lakukan hal tersebut sampai hitungan kelima, kemudian langkah selanjutnya adalah tarik ke samping hingga hitungan kesepuluh.

Senam ini bertujuan membuat wajahmu menjadi lebih kencang dan dahimu akan terhindar dari kerutan. Gunakan ujung-ujung jari untuk memijat kening dengan menjepit atau mencubit kulit kening. Lakukan dengan pola gerakan zig zag dan ulangi sekitar 5 kali.

Baca Juga:  7 Ciri-Ciri Wajah Tidak Cocok Memakai Cream Wajah

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Yogurt.

2. Senam Bibir

senam bibirSenyum yang indah dapat diperoleh dengan melatih bibir agar tetap kencang. Caranya cukup mudah kok, dengan melakukan senam bibir. Senam bibir terdiri dari beberapa metode sederhana yang patut untuk kamu coba:

Metode pertama, bentuk bibirmu seperti huruf O atau seperti posisi mulut sedang  bersiul hingga hitungan 5, lalu tersenyum maksimal dengan gigi yang tersembunyi hingga hitungan 10. Setiap pagi, lakukan gerakan meletakkan jari pada dagu, lalu dongakkan kepala sebanyak 10 kali hitungan. Latihan ini akan membentuk bibir menjadi lebih indah dan katakan selamat tinggal pada kerutan.

Metode kedua, tangan kiri diletakan di sudut bibir kanan, kemudian tarik hingga pipi. Setelah itu tangan kanan diletakan di dekat hidung, lalu tarik ke samping. Lakukan gerakan serupa pada sisi bibir sebelah kiri. Lakukan gerakan ini sebanyak 4 kali secara bergantian.

Metode ketiga, dengan praktek “bibir ikan”. Pada metode ini, kempotkan pipi kamu (dengan menghisap bagian dalam pipi hingga seperti wajah ikan) dan kerucutkan bibirmu. Dalam kondisi pipi terhisap itu, cobalah tersenyum selebar mungkin.

Selama melakukan gerakan ini pastikan mata dalam keadaan rileks. Tahan selama 10 detik. Ulang hingga tiga kali. Tahap selanjutnya, ulangi langkah 1 dan 2 dari bagian pertama tadi. Dalam keadaan tersebut, gerakkan mulut buka tutup ke atas dan bawah sebanyak 12 kali. Baru kemudian lepaskan.

Metode keempat, pose mencium. Pada metode ini, majukan bibir seperti hendak mencium seseorang. Lalu, senyum semaksimal mungkin dengan bibir dalam posisi tadi. Tahan posisi bibir tersebut selama kurang lebih 10 detik. Lalu lepaskan, ulangi kembali hingga tiga kali. Baca juga: Tips agar Wajah Putih.

3. Senam mata

senam-mataMata adalah bagian wajah yang paling sering mengalami kelelahan terutama bagi kamu yang banyak melakukan aktivitas di depan komputer. Belum lagi saat melihat layar ponsel selama berjam-jam atau jika kamu yang suka begadang, maka akan muncul kantong mata yang menghitam dan membuat terlihat tidak segar.

Otot mata yang tegang membuat kulit menjadi kaku, banyak berkerut, dan harus beradaptasi dengan kinerja mata. Kita seringkali lupa dengan hal itu, dan mengabaikan keadaan mata kita dengan hanya memberinya waktu beristirahat sebentar saja.  Mendapatkan bentuk mata yang indah sebenarnya cukup mudah, lakukanlah senam mata berikut ini:

  • Cara pertama, cara ini sangat sederhana. Kamu hanya perlu memejamkan kedua mata dalam posisi santai. Kemudian buka mata, gerakan kedua bola mata ke atas dan ke bawah, melirik ke samping kanan dan kiri, memutar seperti gerakan rolling eyes.
  • Cara kedua, pijat pangkal mata dengan lembut sampai ke alis mata dengan gerakan memutar. Lakukan gerakan ini secara perlahan dan nikmati gerakan jemari membuat rileks otot di sekitar mata. Lakukan gerakan ini secara teratur setiap hari.
  • Cara ketiga, letakkan jari tangan dan jari manis pada sudut luar mata. Lalu tarik dan angkat mata bagian bawah secara perlahan, seperti orang yang menyipitkan mata. Tahan dan lepaskan. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali.
  • Cara keempat, pijat sekitar mata kamu dengan menggunakan jari manis selama 5 kali. Mulai dari ujung mata bagian pelipis, kemudian bagian bawah mata, lalu ke bagian dalam sudut mata, hingga ke area atas alis mata kamu. Kamu bisa melakukannya sebanyak 6 kali. Setelah itu kamu bisa melakukan relaksasi dengan memejamkan mata selama 10 detik.
  • Cara kelima, buka lebar-lebar kedua kelopak mata. Tutup secara perlahan kedua kelopak mata hingga akhirnya tertutup rapat. Selanjutnya buka salah satu kelopak mata sebelah kanan atau kiri, sementara kelopak mata sebelah lainnya tertutup. Lakukan gerakan berkedip pada kelopak mata yang terbuka selama 10 detik. Terapkan latihan ini pada mata kanan dan kiri secara bergantian.
  • Cara keenam, melakukan cubitan lembut pada alis. Mulailah dengan meletakkan ibu jari di ujung alis, lalu cubit dengan perlahan bagian atas dan bawah alis menggunakan ibu jari dan telunjuk. Lakukan pijatan ini selama kurang lebih 30 detik per hari.
Baca Juga:  7 Ciri-Ciri Wajah Tidak Cocok Memakai Cream Wajah

 

4. Gerakan Pipi

Gerakan senam pipi terdiri dari berbagai variasi berikut ini:

  • Cara pertama coba kamu usap pipimu dengan sedikit tekanan menggunakan kedua tanganmu. Lalu lakukan gerakan menarik dari bawah hingga keatas (hingga pipi terangkat). Tahan selama sepuluh detik. Setelah itu, lepaskan dan tepuk-tepuk pipi bagian bawah sebanyak sepuluh kali untuk relaksasi.
  • Coba tempelkan keempat jari tangan selain ibu jari, pada pipi anda. Kemudian tarik pipi kanan dan kiri anda ke atas secara bersamaan. Tahanlah beberapa detik. Ulangi selama beberapa kali. Setelah itu, lakukan gerakan tersenyum selama beberapa kali selebar mungkin. Cara ini mampu membuat kulit dan otot pada pipi menjadi lebih kencang.

Selain gerakan diatas, ada beberapa gerakan lagi yang dapat kamu lakukan untuk memperoleh pipi tirus, diantaranya:

  • Gerakan chew gum alias mengunyah permen karet. Hal yang perlu kita lakukan disini hanyalah mengunyah permen karet. Gerakan mengunyah permen karet membuat rahang dan pipi seakan-akan berolahraga. Hasilnya, tulang rahang menjadi kuat dan pipi lebih tirus.
  • Gerakan fishlip alias bibir ikan. Selain bermanfaat mengencangkan bibir, gerakan ini juga memberi efek tirus pada pipi. Monyongkan bibir kamu dengan cara mengapitkan bibir bawah dan atas. Setelah bibir terlihat mengkerut layaknya bibir ikan tahan pose tersebut selama beberapa detik baru kemudian lepaskan.
  • Gerakan meniup balon. Dalam gerakan meniup balon, kamu melakukannya seperti sedang meniup balon, yang membedakan hanya kita harus menahan udaranya agar tidak keluar dari mulut kita.
  • Gerakan lafal X-O. Gerakan lafal X-O berarti gerakan melafalkan huruf X dan O secara bergantian selama kurang lebih satu menit. Selain membuat pipi lebih tirus, gerakan ini juga bisa membantu kulit pipi menjadi lebih kencang.
  • Tersenyum, selain dapat meniruskan pipi manfaat lain dari tersenyum adalah membuat otot wajah yang tegang menjadi rileks.
  • Gerakan menarik bibir. Duduklah dengan tegak dan buka mulut dengan lebar. Dorong rahang kamu ke bawah sampai batas yang bisa kamu lakukan. Saat melakukan gerakan tersebut kamu akan merasakan peregangan pada dagu kamu. Tahan postur tubuh tersebut selama beberapa kali pernapasan lalu lepaskan. Lakukan latihan ini hingga 10 kali untuk membantu kamu mendapatkan tulang pipi yang tinggi dan garis rahang yang tegas dan seksi.

 

5. Gerakan Dagu

  • Chin Lift. Ini adalah cara ampuh menghilangkan double chin. Untuk melakukan gerakan chin lift berdiri atau duduklah dengan posisi tegak. Arahkan kepala ke langit-langit dan kecangkan bibir seolah-olah sedang mencoba mencium sesuatu sembari tetap memandang ke langit-langit. Kamu akan merasakan peregangan di bagian rahang, tenggorokan, dan leher kamu. Ulangi gerakan ini hingga 10 kali dan lakukan dengan rutin tiga kali dalam sehari.
  • Gerakan memutar leher bertujuan untuk menghilangkan double chin. Duduklah dengan senyaman mungkin, pastikan tulang belakang dan tulang kepala lurus sejajar. Sambil menghembuskan nafas, tekukan leher kamu ke arah kanan dan memutarnya mengikuti arah jarum jam. Ulangi gerakan sebaliknya, yaitu menekuk leher ke arah kiri dan memutarnya melawan arah jarum jam. Masing-masing putaran lakukan sebanyak 10 kali.
  • Angkat wajah keatas, kemudian rentangkan dagu dan leher selebar mungkin. Sembari demikian, lakukan gerakan mulut seolah-olah sedang melafalkan vokal A, I, U, E, dan O secara bergantian selama 30 detik. Kamu dapat melakukan gerakan ini dua kali dalam sehari. Selain  bermanfaat untuk mengencangkan otot di sekitar leher, latihan ini juga dapat melemaskan bahu yang kaku loh.

 

6. Gerakan Leher

Untuk mendapatkan leher yang lebih proporsional, jenjang dan kuat kamu dapat melakukan gerakan-gerakan sebagai berikut:

  • Caranya angkat wajah ke atas, lalu buka mulut lebar-lebar dan tahan hingga 10 detik. Setelah itu tutup mulut dan kembalilah ke posisi semula dengan melakukan pelemasan otot-otot leher. Lakukan minimal 2 kali dalam seminggu.
  • Julurkan leher keatas dan rahang kedepan sejauh mungkin. Lalu tahan dengan kedua tanganmu dibagian leher. Lakukan selama 10 hitungan dan ulangi hingga 3 kali. Gaya ini akan membuat otot-otot leher lebih kencang dan dapat membakar lemak pada dagu.

Demikian informasi mengenai senam wajah, mulai dari manfaat sampai gerakannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

author
Cara Memutihkan Wajah Cepat dan Mencerahkan Wajah Alami dengan Obat Krim Cream Pemutih Wajah Yang Ampuh Paling Bagus